Pembunuhan Shinzo Abe Menunjukkan Kekerasan Politik Berkembang di Seluruh Dunia

Pembunuhan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe adalah tanda lain bahwa kekerasan politik tumbuh di seluruh dunia, kata para ahli, ketika sikap ekstremis menjadi lebih normal.

Isolasi dan penurunan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 telah mendorong lebih banyak orang online dan masuk ke ruang di mana mereka menjadi radikal, tambah para ahli itu. Ancaman yang berkembang akan membutuhkan perhatian dan tindakan dari pemerintah yang harus menghadapi masalah terorisme domestik dan ekstremisme, kata mereka.

“Saya sangat khawatir,” kata Ruth Marshall, seorang ilmuwan politik dan profesor studi agama di University of Toronto.

“Kami yang mempelajari ekstremisme dan kekerasan politik – dan itu adalah kelompok kecil – menjadi sangat khawatir bahwa ini sedang meningkat.”

Polisi di Jepang mengatakan Tetsuya Yamagami, pria berusia 41 tahun yang dituduh membunuh Abe selama pidato kampanye dengan senjata rakitan pada hari Jumat, mengatakan kepada penyelidik bahwa dia telah merencanakan untuk membunuhnya karena dia percaya rumor tentang hubungan mantan pemimpin itu dengan organisasi tertentu. yang tidak diidentifikasi oleh polisi.

Menurut rekening polisi, ibu Yamagami telah bangkrut karena sumbangan ke organisasi, yang kemudian diidentifikasi sebagai kelompok agama pinggiran yang dikenal sebagai Gereja Unifikasi.

Tomihiro Tanaka, kepala gereja cabang Jepang, kemudian mengkonfirmasi bahwa ibu itu adalah anggota tetapi menjauhkan kelompok itu dari penembakan, yang dia sebut “membingungkan” dan menyebabkan dia “sangat marah.”

Gereja – sering digambarkan sebagai sekte bermotivasi finansial yang pengikutnya disebut sebagai “Moonies,” setelah pendiri Korea Selatan Sun Myung Moon – telah menjadi tuan rumah pidato oleh Abe dan para pemimpin dunia konservatif lainnya, termasuk Donald Trump dan anggota pemerintahannya.

Putra Moon, Sean Moon, telah mendirikan gerejanya sendiri di Pennsylvania yang dikenal sebagai Rod of Iron Ministries yang memiliki hubungan dengan tokoh sayap kanan seperti Steve Bannon, dan telah menyebarkan teori konspirasi tentang perang saudara yang akan datang di Amerika Serikat.

Tapi semua itu tidak sepenuhnya menjelaskan tentang menembak dan membunuh abe, kata jonathan m
MacDonald-Laurier Institute yang mempelajari kawasan Indo-Pasifik.

Dia mengatakan sejumlah besar pria dari generasi Yamagami, yang terkena dampak penurunan ekonomi Jepang pada awal 1990-an, tinggal di rumah dan terkadang berurusan dengan masalah kesehatan mental — dan semakin beralih ke tempat perlindungan online.

“Ruang online di Jepang, memang memiliki beberapa pinggiran dan beberapa bagian gelap di web yang telah dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk merekrut dan meradikalisasi,” katanya.

“Jika ini adalah seseorang yang berada dalam situasi ekonomi yang buruk, dia tidak puas dan marah, dia mungkin telah terinspirasi di suatu tempat untuk mengambil tindakan sendiri. Tetapi kami tidak cukup tahu tentang bagaimana itu terjadi atau mengapa.”

Jepang tidak asing dengan teori konspirasi atau kekerasan politik. Sebuah kelompok pemujaan yang dikenal sebagai Aum Shinrikyo menyebarkan gas sarin di kereta bawah tanah Tokyo pada tahun 1995, menewaskan 14 orang. Ada laporan konspirasi QAnon mendapatkan pijakan di negara itu, meskipun beberapa telah membantah dampaknya.

Namun seperti di Barat, politisi di Jepang telah memanfaatkan ketidakpuasan politik untuk keuntungan mereka sendiri. Setelah pembunuhan Abe, pengguna media sosial menunjuk komentar yang dibuat oleh Akihiko Kurokawa, sekretaris jenderal Partai NHK populis, yang mengatakan Abe bertanggung jawab untuk mendanai kelompok-kelompok seperti Gereja Unifikasi sebagai kedok untuk “kegiatan mata-mata asing.”

Meskipun mengutuk penembakan itu, pemimpin Partai NHK Takashi Tachibana mengambil waktu untuk menyarankan kematian Abe sebagian diilhami oleh gejolak ekonomi yang diciptakan oleh kebijakan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa – di mana Abe menjadi anggotanya – yang telah menempatkan orang dalam “situasi putus asa”. .”

Miller mengatakan jenis perpecahan politik ini terlihat di seluruh dunia, dan berkontribusi pada peningkatan perilaku ekstremis.

“Perbedaan yang berbeda dalam politik bukan lagi ‘tidak setuju, tetapi jangan tidak setuju’, melainkan ‘tidak setuju dan tidak setuju dan memecah belah,’” katanya. “Dan beberapa dari perpecahan ini mengarah ke tingkat ekstremisme yang signifikan.”

Politisi Republik di AS seperti Donald Trump dan sekutunya telah melukis Demokrat sebagai penipu pemilu dan orang “jahat” yang berniat menghancurkan negara. Komite yang menyelidiki serangan 6 Januari 2021 di US Capitol telah memberikan bukti yang menunjukkan bahwa retorika membantu memicu kerusuhan.

Boys and Oath Keepers memiliki hubungan langsung dengan Gedung Putih Trump dan anggota parlemen dari Partai Republik, dan terinspirasi oleh serangan mereka terhadap pemilihan untuk merencanakan kekerasan di Capitol.

Di Kanada, tokoh sayap kanan secara terbuka berharap apa yang disebut blokade “Konvoi Kebebasan” yang menutup Ottawa selama tiga minggu awal tahun ini akan menjadi “momen 6 Januari kami” yang dapat “menggulingkan pemerintah” – bahkan menyerukan orang untuk digantung.

Anggota parlemen konservatif, termasuk pelopor kepemimpinan Pierre Poilievre, telah menunjukkan dukungan untuk gerakan Konvoi Kebebasan, yang penyelenggaranya telah mendokumentasikan hubungan dengan ekstremisme dan rasisme.

Poilievre dan anggota parlemen lainnya bersikeras bahwa mereka hanya mendukung protes damai terhadap mandat vaksin COVID-19 dan menolak keyakinan rasis atau kekerasan.

Tetapi para ahli mengatakan kepada Global News bahwa politisi berisiko melegitimasi kelompok-kelompok ekstremis pinggiran seperti itu dengan menyesuaikan diri dengan mereka.

“Politisi memiliki audiens yang lebih utama daripada kelompok ekstrem,” Evan Balgord, direktur eksekutif Jaringan Anti-Kebencian Kanada, mengatakan dalam wawancara sebelumnya.

“Jadi ketika seorang politisi mendukungnya, berbaris bersama mereka, sekarang ia memperkenalkan ide-ide itu, konsep-konsep itu, gerakan-gerakan itu, ideologi-ideologi itu kepada khalayak yang lebih luas.”

Marshall mengatakan ada “sangat, sangat sedikit” negara di dunia yang kebal dari peningkatan ekstremisme, terutama populisme sayap kanan atau fasisme, yang dapat dengan cepat berubah menjadi politik “orang kuat” yang otoriter.

Dia mengatakan pandemi COVID-19 telah semakin mendorong orang lebih jauh ke dalam algoritma media sosial mereka, di mana informasi yang salah dan teori konspirasi berkembang biak.

“Kekerasan sering menjadi solusi jika Anda berada dalam mode berpikir paranoid ini,” katanya.

Ketidakpuasan politik juga tumbuh di negara lain. Sebuah laporan dan survei baru-baru ini oleh kelompok yang berbasis di Inggris, Hope Not Hate, menunjukkan lebih dari separuh populasi “tidak puas dengan cara demokrasi bekerja di Inggris.”

Sebuah laporan pemerintah Jerman menemukan contoh kejahatan kekerasan bermotif politik telah tumbuh sebesar 10 persen tahun lalu dibandingkan tahun sebelumnya. Di Brasil, seorang pejabat oposisi politik lokal ditembak mati akhir pekan lalu saat menjelang pemilihan nasional.

Miller mengatakan pemerintah perlu melihat ke dalam dan melakukan percakapan jujur ​​tentang ekstremisme domestik dan kekerasan bermotif politik, termasuk bagaimana sikap itu dibentuk oleh internet.

Meskipun Kanada, AS dan negara-negara Barat lainnya telah mencoba untuk membunyikan alarm – baik FBI dan Badan Intelijen Keamanan Kanada telah mengidentifikasi ekstremisme domestik sebagai prioritas utama mereka – Miller mengatakan Jepang mungkin lambat untuk mengatasi masalah tersebut.

“Masih ada perasaan di Jepang bahwa, meskipun mereka mengakui bahwa mereka bukan negara yang sempurna, kami tidak memiliki masalah yang sama dengan negara-negara lain ini,” katanya. “Ini bukan kurangnya kemauan untuk melakukan percakapan, tetapi lebih pada apakah mereka akan memberikan prioritas yang layak.

“Tapi ini adalah sesuatu yang tidak hanya Jepang tetapi juga seluruh G7 perlu fokuskan. Karena itu tidak akan hilang.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version